5 Manfaat Memelihara Kucing, dari Meredakan Stres sampai Lebih Sehat Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Onlinecasino

Baca juga: Suara-suara Apa yang Didengar Kucing? Ternyata Ini

Ketika manusia atau hewan membuat kita merasa nyaman dan terkoneksi, itu membangun kapasitas kita untuk berbuat kebaikan dan kemurahan hati terhadap orang lain.

Baca juga: Mengetahui 8 Posisi Tidur Kucing dan Artinya

Penelitian menemukan pemilik kucing lebih sensitif secara sosial, lebih percaya pada orang lain, dan lebih menyukai orang lain daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

"Hewan peliharaan tampaknya bertindak sebagai 'katalisator sosial', yang mendorong kontak sosial antarmanusia," tulis peneliti Inggris Ferran Marsa-Sambola dan rekan-rekannya.

“Hewan peliharaan dapat menerima, secara terbuka penuh kasih sayang, konsisten, setia, dan jujur, karakteristik yang dapat memenuhi kebutuhan dasar seseorang untuk merasakan dihargai dan dicintai," lanjutnya. 

Bahkan hal ini juga berlaku untuk faktor risiko lain seperti tekanan darah, kolesterol, merokok, dan indeks massa tubuh.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti mengunjungi 120 pasangan menikah di rumah mereka untuk mengamati bagaimana mereka akan merespons stres dan apakah kucing bisa membantu meredakan stres.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Mengapa kucing begitu menenangkan? Kucing tidak akan menghakimi kita karena kemampuan matematika kita yang buruk atau tidak bisa mengerjakan tes yang diberikan penelitian.

Dalam penelitian yang melibatkan 4.435 orang selama 13 tahun itu mengungkapkan manfaat memelihara kucing. Hasilnya, orang yang memiliki kucing pada masa lalu lebih kecil kemungkinannya meninggal karena serangan jantung selama memiliki kucing daripada orang yang tidak pernah memelihara kucing. 

Meski kucing terindikasi dapat menginfeksi atau membawa sejumlah penyakit seperti parasit, tetapi di sisi lain kucing juga membawa manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: Mengapa Kucing Memiliki Mata yang Berwarna-Warni?

Baca juga: 5 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Apa Saja?

Para peneliti menjelaskan bahwa kucing lebih seperti obat pencegahan daripada pengobatan untuk penyakit yang sedang berlangsung.

Selain itu, kucing juga tidak akan ikut stres saat pemiliknya merasa tertekan. Itulah mengapa kucing bisa memberikan ketenangan dan meredakan stres terhadap pemiliknya.

“Perasaan positif tentang anjing atau kucing dapat menimbulkan perasaan positif tentang orang lain atau sebaliknya,” tulis Rose Perrine dan Hannah Osbourne dari Eastern Kentucky University.

Terhubung ke monitor detak jantung dan tekanan darah diketahui bahwa pasangan yang memelihara kucing memiliki detak jantung dan tekanan darah yang lebih rendah daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Baca juga: 5 Cedera yang Bisa Terjadi pada Ekor Kucing